Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi lidah pait atau mati rasa

       


    Sensasi mati rasa umumnya lebih sering terjadi pada kaki atau tangan. Namun, pernahkah Anda mengalami rasa kesemutan atau tusukan yang bertubi-tubi di bagian bibir serta dalam mulut? Ya, meskipun jarang, tapi nyatanya area sekitar mulut, meliputi bibir, lidah, hingga gusi, pun bisa mati rasa atau baal. Memang, apa sebabnya mulut mati rasa, ya!

      Munculnya rasa tidak nyaman pada mulut memang bisa mengganggu aktivitas Anda. Pasalnya, makan, minum, bicara, dan hal lainnya yang mengandalkan kerja mulut jadi kurang optimal. Sebelum mengeluhkan kondisi ini lebih lanjut, coba amati beberapa hal berikut ini yang mungkin pernah atau sedang Anda alami.    

       Jika kamu mengalami penyakit ini. kamu bisa mencegah serta mengurangi rasa mulut yang pahit, dengan beberapa cara berikut ini: 


  1. Banyak minum air putih. Minum banyak air putih dapat membantu mengurangi mulut kering.
  2. Mengunyah permen karet bebas gula. Hal ini dilakukan untuk merangsang produksi air liur.
  3. Menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut. Dengan memeriksakannya ke dokter gigi secara teratur, rutin menyikat gigi, dan berkumur menggunakan larutan kumur yang tepat.
  4. Jangan makan berlebihan. Terutama makanan yang pedas dan berlemak, untuk mencegah naiknya asam lambung.
  5. Berhenti merokok.

      Jika kamu sudah melakukan hal yang di atas ini namun belum juga sembuh, kamu bisa pergi ke dokter dan konsultasikan. Nantinya dokter akan menangani situasi ini untuk mengatasi keluhan tersebut.

  1. Pertama, dokter akan menanyakan gejala yang terjadi, memeriksa riwayat kesehatan dari penyakit yang pernah atau sedang diderita, dan obat yang sedang diminum.
  2. Dokter juga akan memeriksa kesehatan fisik pasien. Jika terdapat tanda atau gejala penyakit tertentu, seperti diabetes melitus, dokter mungkin akan meminta untuk menjalani tes laboratorium.
  3. Perawatan oleh dokter dapat berbeda bagi setiap pasien, tergantung dari penyebab mulut terasa pahit yang dirasakan, seperti:
  4. Pemberian obat antasid, jika penyebabnya adalah kenaikan asam lambung.
  5. Pemberian obat anti diabetes, seperti metformin, jika penyebabnya adalah diabetes melitus tipe 2.
  6. Merujuk ke dokter gigi, jika penyebabnya adalah gangguan di rongga mulut.
  7. Merujuk ke dokter spesialis penyakit dalam, jika penyebabnya penyakit seperti diabetes atau sjorgen syndrome.

       Nah, itu lah beberapa penyebab mulut terasa pahit dan bagaimana cara menanganinya. Jika hal tersebut sudah menganggu kesehatan kamu dan merusak pola makan kamu, segera konsultasikan ke dokter ya sobat agar dapat ditangani dengan tepat!

Posting Komentar untuk "Cara mengatasi lidah pait atau mati rasa"