Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab lidah mati rasa yang jarang di ketahui


      Saat kamu sedang sakit atau mengonsumsi obat tertentu, rasa pahit biasanya muncul pada mulut kamu. Ini wajar ya, Ma. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan mulut kamu terasa pahit. Tapi, jika kamu tidak sedang sakit, apakah kamu pernah mengalami mulut terasa pahit?

      Memahami penyebabnya dapat membantu menemukan cara untuk mencegah atau mengobati kondisi mulut terasa pahit. Meski tidak berbahaya, rasa pahit pada mulut bisa mengganggu lho, Ma.
      Mulut mungkin terasa pahit karena beberapa alasan, termasuk gangguan asam lambung, konsumsi obat-obatan tertentu, atau masalah gigi dan gusi.
      Mulut yang pahit juga bisa menyebabkan hilangnya nafsu makan dan tidak ingin meminum air. Padahal, tubuh manusia perlu mengonsumsi cukup air setiap hari.
      Air minum yang tidak mencukupi dapat menyebabkan dehidrasi dan dapat memengaruhi kesehatan kamu dan keluarga lho.
      Untuk itu, www.sinausehat.com akan memberikan beberapa faktor penyebab mulut terasa pahit dan cara menanganinya !
       Penyebab Pahit di Mulut,  rasa pahit di mulut sering kali terjadi. Rasa pahit ini dapat mengganggu kamu ketika ingin makan atau minum dan dapat menganggu pola makan kamu. Ada beberapa penyebab mulut terasa pahit, kenali satu-satu ya!


1. Sindrom mulut terbakar

     Sepertinya, Burning Mouth Syndrome menyebabkan rasa terbakar dan panas di dalam mulut yang bisa sangat menyakitkan. Gejala ini bisa dialami di satu bagian mulut atau di seluruh bagian mulut. Itu juga bisa menghasilkan mulut kering dan rasa pahit.
      Sindrom mulut terbakar juga bisa terjadi pada perempuan dan pria, terutama pada perempuan yang sedang mengalami menopause lho.
      Mulut yang terbakar tidak memiliki penyebab yang dapat diidentifikasi dengan pasti. Dokter menduga hal ini mungkin disebabkan oleh kerusakan saraf di mulut. Ini juga terjadi ketika kondisi atau perawatan yang mendasari untuk kondisi seperti diabetes mellitus, pengobatan kanker, dan perubahan hormonal selama menopause.

2. Kehamilan
      Pada tahap awal kehamilan, ibu hamil biasanya merasakan rasa pahit di lidah. Hormon estrogen dalam tubuh berfluktuasi selama kehamilan.
      Perubahan ini dapat mempengaruhi indera, menyebabkan mengidam makanan tertentu, dan membuat makanan atau bau tertentu menjadi tidak sedap.
       Banyak ibu hamil juga akan merasakan rasa logam atau rasa pahit di mulut. Ini bisa mengganggu, tetapi biasanya akan hilang beberapa saat kemudian dalam kehamilan atau setelah melahirkan.
       Mulut yang kering juga dikenal sebagai xerostomia juga dapat dipicu oleh penurunan produksi air liur atau perubahan susunan air liur. Penurunan ini terjadi bisa karena beberapa alasan, termasuk:

  • Penuaan.
  • Obat tertentu.
  • Penyakit autoimun.
  • Merokok tembakau.

      Tanpa produksi air liur yang tepat, rasanya akan berubah. Misalnya, hal-hal menjadi lebih pahit atau asin. Selain itu, air liur yang tidak mencukupi dapat menyebabkan menelan atau berbicara dengan keras, dan penderita penyakit ini mungkin mengalami lebih banyak kerusakan gigi dan infeksi gusi
Asam lambung yang meningkat juga bisa menyebabkan mulut terasa pahit lho, Jika ini terjadi, kamu mungkin akan merasa mual dan muntah, yang pada akhirnya menyebabkan rasa pahit di mulut.
       Penyakit gastroesophageal reflux (GERD) biasanya disebabkan oleh makan berlebihan, asupan makanan pedas, konsumsi makanan pada waktu yang tidak tepat, dan faktor stres.

3. Obat dan suplemen
     Obat dapat menyebabkan berbagai efek samping, salah satunya adalah rasa pahit di mulut. Karena faktor konsumsi atau jenis obat yang digunakan, rasa pahit juga bisa terjadi.
      Obat berbentuk sirup lebih cenderung meninggalkan rasa pahit di mulut. Sekarang ini, ada banyak jenis obat yang dapat menyebabkan kondisi mulut pahit.

4. Penyakit dan infeksi
      Saat kamu terserang flu, infeksi sinus, atau penyakit lain, tubuh kamu secara alami akan melepaskan protein yang diproduksi oleh sel-sel berbeda di dalam tubuh, sehingga meningkatkan dan memediasi peradangan.
     Diyakini bahwa protein ini juga akan memengaruhi pengecap dan meningkatkan kepekaan kamu terhadap rasa pahit saat kamu sakit.

5. Perawatan kanker
      Pasien yang sedang melakukan pengobatan kanker mungkin juga merasakan rasa pahit di mulut mereka saat makan atau minum. Hal ini terjadi karena obat yang digunakan untuk mengobati kanker, seperti obat kemoterapi dan terapi radiasi dapat menyebabkan gangguan pada indra pengecap.
     Nah, tadi adalah pembahasan mengenai penyebab lidah mati rasa.

Posting Komentar untuk "Penyebab lidah mati rasa yang jarang di ketahui"